Resume Generasi Aswaja



 KH. Reza Ahmad Zahid


ASWAJA adalah dua kata yang di sambung yaitu sunnah dan jamaah, dimana sunnah secara syariat adalah semua yang di ridai Rasulullah SAW,sedangkan jamaah adalah satu golongan/kumpulan. Sehingga jika digabungkan artinya adalah golongan yang mengikuti sunnah yaitu apa yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat beliau.


Didalam islam sendiri ada golongan yang membeda bedakan sahabat sehingga tidak bisa dikatakan sebagai orang ASWAJA karena tidak menghormati semua sahabat rasul. 


NU merupakan organisasi islam yang mengikuti ASWAJA yang di dirikan pada tanggal 31 Januari 1946 yang didirikan oleh kh hasyim Asyhari setelah merundingkan nya dengan beberapa kyai dari berbagai macam daerah dan meminta restu kepada gurunya yaitu syekh kholil bangkalan,ini merupakan contoh yang baik karena jaman sekarang sudah sangat jarang orang yang melakukannya.

Sebagai orang NU kita harus mengikuti 4 dasar prinsip dimana salah satunya adalah tawasut yaitu kita harus menggunakan akal dan pikiran kita untuk mengerjakan sesuatu dan memahami sesuatu, harus sesuai dengan dalil-dalil yang mendukung.

Didalam NU  secara spesifik merumuskan aswaja sebagai mazhab akidah mengikuti berbagai macam imam dari beberapa bidang yakni teologi,fikih, dan tasawuf.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas

Resume Proses regristasi administrasi keuangan dan pembayaran Unusa

Resume Sosialisasi program LPKS